Monday, February 2, 2015

9 Cara Optimasi Webstie Dengan Teknik SEO OnPage 2015

9 Cara Optimasi Webstie Dengan Teknik SEO OnPage 2015Banyak sekali blog atau website yang membahas tentang teknik SEO OnPage pada website. Banyak juga pakar SEO atau master SEO yang membuka kursus SEO secara online maupun secara langsung, tentunya ini tidak gratis dan kita harus mengeluarkan biaya untuk mengikuti kursus ini. 

9 Cara Optimasi Webstie Dengan Teknik SEO OnPage 2015
SEO OnPage 2015


Para pelaku internet marketing atau webmaster mungkin tidak asing lagi dengan istilah Teknik SEO OnPage ini. Mungkin mereka malah sudah menemukan cara yang lain yang mungkin lebih efektif daripada teknik-teknik yang bertebaran di mesin pencari. Memang banyak sekali teknik-teknik yang bisa di gunakan dalam mengoptimalkan SEO OnPage pada website kita. 

SEO sendiri terdiri dari dua kategori yang terpisah, SEO OnPage dan SEO OffPage. Apa perbedaan dari keduanya tersebut?

SEO OnPage mengacu pada semua hal yang dapat anda lakukan pada struktur dalam website anda untuk memaksimalkan situs anda agar berada dalam ranking tertinggi pada mesin pencari, seperti judul halaman, meta tag, internal linking, deskripsi dll.

SEO OffPage mengacu pada semua hal yang dapat anda lakukan di luar website anda yang tentunya ini juga akan membantu situs anda agar berada di peringkat tertinggi di suatu mesin pencari seperti backlink, promosi website, dll.

Tetapi dalam postingan yang saya buat kali ini, saya hanya akan membagikan teknik OnPage SEO saja.

1. Halaman Judul (Page Titles)
Judul Halaman / Page Titles adalah salah satu faktor SEO OnPage yang sangat penting pada suatu website. Setiap halaman dan postingan pada website/blog anda harus memiliki judul yang unik, yang artinya judul dari postingan atau halaman dari website anda harus mengandung kata kunci.

Misalnya anda membuat postingan tentang "Daftar Band Indonesia Yang Beraliran Death Core". Disana anda harus menyisipkan kata kunci yang paling penting/utama seperti kata "death core", "daftar", "Indonesia". Yang pasti judul dari artikel postingan yang anda buat harus mengandung kata kunci utaman.

Dengan cara ini, setiap kali orang mencari sesuatu artikel yang kata kuncinya ada di judul postingan yang anda buat kesempatan artikel anda muncul di halaman mesin pencari akan semakin baik.

2. Meta Diskripsi (Meta Discriptions)
Membuat Meta Discriptions pada halaman website kita adalah sangat penting. Meta Diskripsi ini merupakan bagian yang penting untuk memasukkan kata kunci yang relevan untuk konten anda. Karena hal ini digunakan dalam hasil pencarian saat halaman anda terdaftar di suatu mesin pencari.
Buatlah meta diskripsi yang semenarik mungkin.

3. Meta Tag
Dalam setiap halaman anda, Anda dapat menyertakan kata kunci dalam bentuk meta tag. Kata kunci tersebut harus sesuai dengan kata kunci yang relevan dengan konten yang anda buat.

Meta Tag ini juga sangat penting dalam mengoptimalkan SEO pada OnPage Website kita.

Jika anda menggunakan wordpress maka anda bisa menggunakan plugin bernama "All In One SEO Pack". Plugin tersebut berfungsi untuk memasukan kata kunci, meta discription dan judul halaman di bagian bawah postingan sebelum postingan yang anda buat di terbitkan.

4. URL Structure
URL termasuk hal yang sangat penting dalam SEO OnPage, karena hal ini  akan membuat baik halaman anda di mata mesin pencari dan akan membuat website anda mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari tersebut.

URL yang baik adalah URL yang menyertakan kata kunci di dalamnya. Misalnya www.anggihanggara.com/keyword.

5. Body Tags ( H1, H2, H3, H4 )
Buatlah artikel anda dengan membagi konten anda menjadi beberapa paragraf kecil agar pembaca nyaman saat membaca artikel yang anda buat. 

Pada umumnya buatlah tag H1 untuk judul utama dari postingan yang anda buat. Karena mesin pencari menggunakan hal ini untuk menentukan apa yang penting dalam konten yang anda buat. Inilah sebabnya mengapa judul utama dari postingan yang anda buat sangat berpengaruh sekali dalam pengoptimalan di SERP suatu mesin pencari.

Dan pastikan judul yang anda buat mengandung kaya akan kata kunci yang anda targetkan. Pastikan anda membuat konten/artikel dengan urutan H1, H2, H3 dengan H1 adalah judul utama dari konten anda.

6. Keyword Density
Keyword Density adalah penanaman kata kunci secara berulang dalam sebuah artikel yang kita buat. Dalam menulis sebuah artikel pengulangan kata kunci itu sangat penting. Tetapi dalam melakukan penulisan kata kunci yang berulang-ulang tersebut tidak boleh berlebihan. Cukup 2-4% kandungan kata kunci dalam artikel yang kita buat.

Jika kita menggunakan perulangan kata kunci yang berlebihan maka mesin pencari akan menganggap website kita adalah website spam dan akan membuat wenbsite kita tidak muncul di halaman mesin pencari tersebut.

7. Image SEO
Dalam setiap membuat artikel, penting sekali untuk memberikannya gambar. Secara visual ini akan membuat situs anda terlihat lebih menarik dan menghilangkan kebosanan pembaca dalam membaca artikel yang kita tulis. Penggunaan gambar dalam setiap artikel dapat membantu meningkatkan kualitas SEO dalam website anda.

Dalam memberikan gambar dalam sebuah artikel anda harus memasukkan Alt Teks Dan Deskripsi untuk gambar anda. Ini akan membuat gambar yang ada di artikel kita menjadi SEO Friendly karena mesin pencari dapat mengindeks gambar kita sesuai Alt Image dan Deskripsi yang kita buat.

8. Internal Linking
Dalam mebuat suatu artikel internal linking ini sangatlah penting bagi kualitas SEO website kita. Internal Linking adalah menyisipkan link dari artikel kita yang lain dalam artikel yang kita buat. Tentunya penyisipan link ini haruslah relevan dengan artikel yang sedang kita bahas.

9. Konten
Buatlah konten yang berkualitas dan unik, maksudnya adalah buatlah konten yang benar-benar berguna dan banyak di cari oleh orang. Tidak ada gunanya kita melakukan ke 8 cara diatas jika konten yang kita buat tidak berkualitas dan tidak unik. Ini seperti menjual daun kering di pameran makanan, tentu saja tidak ada yang mau beli.

Yang penting adalah konten adalah nomor 1 dan konten adalah raja. Sepandai-pandainya anda dalam SEO jika konten yang anda buat tidak berkualitas ya sama aja bohong.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan tentang 9 Cara Optimasi Webstie Dengan Teknik SEO OnPage 2015. Semoga artikel yang saya buat di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan tentang SEO bagi kita semua. Disini bukannya saya sok tau atau sok menjadi master, saya sendiri juga masih awam dalam dunia SEO ini. Disini saya hanya ingin membagi pengalaman saya sendiri dan hasilnya lumayan memuaskan.


EmoticonEmoticon